Thursday, June 22, 2017

Menuju Puncak Gunung Welirang

Jalur dari pos Pondokan menuju puncak Welirang terdapat banyak jalur pintas, jalur utama berupa Jalur penambang tidak terlalu terjal tetapi memutar melipir sisi sebelah kanan. Jalurnya agak lebar sekitar 2 meter yang biasa dilewati gerobak oleh para penambang belerang.
Setelah berjalan sekitar 1jam jalan masih berupa tanah dan landai sedikit menanjak, banyak pepohonan besar jadi perjalanan lebih adem, tapi setelah berjalan sekitar 2 jam dari pondokan jalur mulai terjal penuh bebatuan dan curam, pohon-pohon khas ketinggian seperti pohon edelweis sudah mulai banyak disisi kiri kanan jalur.

Menjelang Puncak Gunung welirang jalur terbagi menjadi dua. Jalur penambang lurus menuju kawah di mana para penambang mengambil belerang. Jalur pendaki ke arah kanan melintasi punggungan yang sangat curam dan berbatu-batu.

Di kawasan Puncak Gunung Welirang pemandangannya sangat luar biasa indahnya.
Pendaki bisa berkeliling mengelilingi kawah untuk pendaki beberapa puncak-puncak kecil. Bila cuaca bersih kita bisa memandang puncak gunung Arjuna dengan detail yang sangat jelas. Gunung Penanggungan juga jelas terlihat sangat dekat. Gunung Anjasmoro juga terlihat sangat indah terlihat hutan yang lebat dan pegunungan berlapis-lapis. Kota Malang juga terlihat lebih detail dan jelas.



Terdapat banyak puncak dan banyak kawah yang masih aktif. Kawah yang paling besar dan dalam adalah Kawah Jero, di sebelahnya adalah Kawah Plupuh. Tebing-tebing di sekitar puncak menghembuskan asap belerang. Beberapa lubang di tebing juga mengeluarkan cairan belerang yang berwarna keemasan.

Asap belerang yang pekat bila berhembus mengenai mata bisa menyebabkan mata bengkak untuk itu segera cuci mata dengan air bersih. Bila terhirup dalam waktu yang cukup lama maka bisa menyebabkan pening dan pingsan. Untuk itu bila asap tebal belerang sedang menyelimuti puncak sebaiknya tidak mendekatinya. Batu-batu di sekitar puncak juga tersa panas bila dipegang atau diduduki.



Terdapat Gua Sriti yang cukup luas di dekat Puncak gunung Welirang. Jika kita mendaki pas hari kerja, kita dapat menyaksikan para pekerja sedang menambang belerang disekitar puncak.

Perjalanan dari Pondokan ke puncak Welirang dibutuhkan waktu sekitar 3 jam, entah kami yang berjalan begitu cepat atau petunjuk yang kurang akurat di peta. Karena dipeta tertera 5 jam pendakian dari Pondokan.

Dan perjalanan turun melalui jalur yang sebelumnya dan hanya memakan waktu kurang dari 2 jam.
Dan pendakian dari Pondokan ke Welirang sebaiknya dilakukan dimalam hari agar kita bisa menyaksikan sunrise di puncak welirang. Dan sebaiknya semua perbekalan ditinggal di tenda agar pendakian terasa lebih ringan, hanya membawa makanan dan perlengkapan yg diperlukan seperti senter, jaket tebal dan jas hujan.

0 comments:

Post a Comment